Join The Community

Minggu, 15 Mei 2011

Maaf..

               Sorry seems to be the hardest word....itu  judul sebuah lagu. Tapi apakah benar permintaan maaf itu sebuah kata yang sulit untuk diucapkan???. Hhmm mungkin orang yang berfikiran seperti ini karna dia merasa sangat tersakiti oleh perkataan atau perbuatan seseorang kepada dirinya. Sehingga g ada kata maaf untuk orang yang telah menyakiti itu. Merasa tersakiti oleh ucapan seseorang itu wajar, hikmahnya mungkin kita dapat introspeksi diri karna kata-kata yang telah di ucapkan seseorang terhadap kita. Sehingga secara tidak langsung kita dapat memperbaiki segala sesuatu yang kurang baik pada diri kita. Dan akhirnya hati jadi ikhlas  dan dapat memaafkan kesalahan orang tersebut. Sebenarnya semua itu tergantung pada satu kata yang bernama ikhlas.
"Amalan yang dilakukan tanpa disertai ikhlas dan tanpa mengikuti tuntunan nabi SAW bagaikan seorang musafir yang membawa bekal berisi pasir. Bekal tersebut hanya memberatkan namun tidak membawa manfaat apa-apa" (Ibnu Qayyiim).
Ketika kita ikhlas terhadap sesuatu apa pun maka semua tidak ada yang berat. Memaafkan pun terasa mudah, meski sepahit apapun kata yang terucap dari seseorang kepada kita. Meminta maaf tidak menjadikan kita rendah diri, dan juga memaafkan tidak menjadikan kita sombong. Karena itu perbuatan yang mulia. 
"Dan balasan  suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik, maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim (As-syuraa 40)
                                                                                                                                                             Memaafkan adalah bentuk rasa cinta yang tertinggi dan yang terindah, sebagai imbalannya kita akan menerima kedamaian dan kebahagiaan yang tak terhingga. Terkadang, sulit membiarkan cinta membimbing kita pada saat hati kita disakiti oleh orang lain. Tetapi, biarpun luka hati itu kecil atau besar kita tidak akan bisa benar-benar bahagia sebelum mau memberi maaf.
#semoga kita selalu menjadi orang yang memberi maaf

0 komentar:

Posting Komentar