Join The Community

Sabtu, 30 April 2011

Sabar

        Nilai dari sebuah kesabaran itu tidak terbatas. Seperti kerasnya batu bisa di hancurkan dengan lembutnya air, kerasnya hati manusia pun dapat diluluhkan dengan ketulusan dan kasih sayang. Semua hanya butuh satu kata yang bernama kesabaran. Jika ada orang yang bilang kesabaran itu ada batasnya, itu bukan sabar namanya, karena dia tidak membiarkan dirinya untuk ikhlas terhadap kesabaran tersebut. Saya juga pernah dengar kalau sabar itu sampai mati, maksudnya mungkin ya sabar yang ga ada batasnya.


Allah swt juga selalu memerintahkan umatNya untuk senantisa sabar. Banyak ayat Al-qur'an memerintahkan kita untuk bersabar. Allah cinta dan bersama orang-orang yang sabar.
"Dan taatlah kepada Allah dan RasulNya dan janganlah kamu berbantahan, yangmenyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar"           (Al anfaal :46)


Do'a mohon diberi kesabaran
"Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri kepadamu" ( Al 'araf :126)

"Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran" (Al ashr : 3)

"Jika kamu melahirkan suatu kebaikan /menyembunyikan / memaafkan sesuatu kesalahan (orang lain) maka sesungguhnya Allah maha pemaaf lagi maha kuasa" ( An nisa' : 149)

"Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim"
(As-syuura : 40)

"Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang di utamakan " ( Asy-syuura : 43)

"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu  dan kepada syurga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya) baik diwaktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan" (Ali imran : 133-134)

Cara meningkatkan kesabaran
1. Mengikhlaskan niat kepada Allah
2.Memperbanyak tilawah
3.Memperbanyak puasa sunnah
4.Mujahadatun nafs, usaha untuk mengalahkan nafsu
5.Mengingat-ingat kembali tujuan hidup di dunia
6.Perlu mengadakan latihan-latihan cabar secara pribadi
7.Membaca kisah-kisah kesabaran para sahabat


*semoga bermanfaat dan meningkatkan rasa sabar kita..

0 komentar:

Posting Komentar